Cara Membuat Bakso Dengan Mudah

Cara membuat bakso dengan mudah - Sebelum membahas mendalam mengenai cara membuat bakso, mari membahas mengenai latar belakang bakso terlebih dahulu. Bakso adalah makanan yang disukai oleh kaum muda serta orang tua, segala umur menyukai bakso. Karena banyaknya peminat bakso, maka Anda dapat menemukan banyaknya penjual bakso di kota-kota, baik itu kota besar, kota kecil hingga pelosok desa. Kebanyakan penjual bakso sudah mempunyai kemampuan dalam membuat bakso.
cara membuat bakso ikan, cara membuat bakso kenyal, cara membuat bakso goreng, cara membuat bakso malang, cara membuat bakso daging, cara membuat bakso kuah, bakso telur, bakso tahu,
baca juga : resep cara membuat bakso
Jika bisa membeli di luar, kenapa membuat sendiri?
Kenapa harus mempelajari cara membuat bakso jika kita dapat membeli di tempat-tempat jajanan? Berikut beberapa alasannya:

1. Penghematan
Memang harga bakso murah, tetapi dengan harga yang sama, jika Anda membuat sendiri akan mendapatkan bakso lebih banyak, ini dikarenakan bakso-bakso yang dijual di luaran tentu sudah mengambil untung dan Anda tahu sendiri keuntungan dari menjual makanan adalah 100%, bisa lebih.

2. Kesehatan
Sudah bukan rahasia umum lagi kalau banyak pedagang bakso yang cara pembuatan baksonya tidak alami, menggunakan bahan-bahan kimia untuk misalnya membuat bakso menjadi lebih kenyal, mengembang, dan tahan lama. Dahulu juga pernah mencuat berita bakso yang dibuat dengan campuran ‘pengawet mayat’ atau borax. Bayangkan, jika bahan kimia berbahaya ini menumpuk di badan Anda karena Anda sering membeli bakso di luaran.

Oke, sebelum membahas mengenai cara membuat bakso dengan mudah, berikut beberapa bahan-bahan yang harus Anda persiapkan. Sekarang, kita akan mencoba membuat bakso daging sapi.

Bahan-bahan bakso dan kuah bakso:
  • Daging sapi giling (350 Gr)
  • Bawang merah dan bawang putih goreng (masing-masing 7 butir total 14 butir)
  • Tepung kanji (200 Gr)
  • Garam (2 Sendok teh)
  • Lada bubuk (1.5 Sendok teh)
  • Vetsin/penyedap rasa
  • Air (3 liter)
  • Es batu (50 Gr)

**Tips tambahan: Gunakan balungan sapi untuk membuat kuah menjadi kaldu yang lezat. Biasanya bakso yang lezat dari rahasia kaldunya. Oke, sekarang apabila bahan-bahan di atas sudah Anda siapkan. Sekarang mari ke topik cara membuat baksonya:
  1. Campurkan dan aduk hingga halus daging sapi, tepung kanji serta bumbu-bumbu yang tadi sudah disiapkan. Kemudian masukkan es batu separuhnya dulu, blender hingga halus. Jika serasa masih kurang halus, campurkan lagi sedikit es batu hingga semuanya tercampur halus.
  2. Rebus air hingga mendidih
  3. Ambil adonan dari poin satu (1) kemudian bentuklah hingga menjadi bulat, sesuai ukuran bakso yang Anda kehendaki. Caranya bisa dikepal-kepal, gunakan ibu jari untuk menekan adonan, lalu ambillah menggunakan sendok.
  4. Adonan yang sudah dibentuk dikumpulkan, lalu masukkan ke air panas pada poin dua (2), ini supaya adonan bakso tidak menempel satu sama lainnya.
  5. Jika poin 1 hingga 4 sudah selesai Anda lakukan, rebuslah adonan bakso menggunakan api kecil.

Tahap akhir cara membuat bakso
Tanda bakso sudah siap dihidangkan yaitu adonan akan mengapung. Jika sudah mengapung, bisa Anda tiriskan dan simpan di kulkas untuk dimakan besok hari atau mau langsung Anda hidangkan untuk keluarga saat itu. Untuk penambahan penggugah selera, gunakan juga saos tomat, saos cabai, seledri, bawang goreng dan kecap. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sayuran, bihun atau mie kuning sebagai variasi dalam kuah bakso. Lain waktu, Anda bisa juga mencoba membuat bakso berbahan ayam, ikan dan lainnya. Untuk saat ini, kita membahas mengenai bakso sapi. Semoga artikel tentang cara membuat bakso daging sapi dapat bermanfaat untuk kita.

Terkait :